Rabu, 04 Juli 2012

Tokyo kota rel kereta api (sytem kereta api di tokyo)

Sekarang ane mau cerita tentang Tokyo dengan segala fasilitas keretanya yang sudah terkenal. tokyo menduduki  posisi pertama kota dengan statsiun terbanyak di dunia dengan 600 statsiun  disusul london inggris dengan sekitar 400 statsiun dan Newyork dengan 300san statsiun . meski begitu warga tokyo sangat bisa menggunakan sistim transportasi masal dengan jalur yang rumit di dunia .
sekarang kita ulas dulu sejarah tokyo ane kutip dari wikipedia.co.id
Tokyo (東京; Tōkyō,[2] harafiah: ibu kota timur) adalah ibu kota Jepang sekaligus daerah terpadat di Jepang, serta daerah metropolitan terbesar di dunia berdasarkan jumlah penduduknya (33.750.000 di perkotaan dan sekitarnya).
Sekitar 12 juta orang tinggal di Tokyo dan ratusan ribu lainnya berpulang pergi setiap hari dari daerah sekitarnya untuk bekerja dan berbisnis di Tokyo. Tokyo adalah pusat politik, ekonomi, budaya dan akademis di Jepang serta tempat tinggal kaisar Jepang dan kursi pemerintahan negara, dan sekaligus merupakan pusat bisnis dan finansial utama untuk seluruh Asia Timur.
Tokyo mempunyai jauh lebih sedikit gedung pencakar langit dibandingkan dengan kota lain yang seukurannya karena peraturan konstruksi gempa buminya. Bangunan di Tokyo kebanyakan terdiri dari apartemen tingkat rendah (6 hingga 10 lantai) dan rumah keluarga yang sempit. Tokyo juga merupakan lokasi sistem transportasi massal paling kompleks di dunia, dan terkenal akan jam-jam sibuknya yang padat.
Tokyo secara harafiah berarti "ibu kota timur" dalam bahasa Jepang, arti yang berlawanan dengan ibu kota lama di barat, Kyoto, yang dinamakan "saikyo", berarti "ibu kota barat" untuk jangka waktu yang pendek pada abad ke-19. Hingga tahun 1870-an, Tokyo bernama "Edo". Ketika pusat kekaisaran berpindah dari Kyoto ke Edo, namanya pun diganti.
Jalur Kereta di Sekitar Tokyo

Tokyo Statsion


 
Panorama kota Tokyo
 
Japan train company
Transportasi di tokyo sangat beragam kita bahas dengan kereta api seperti di bahas di postingan sebelumnya

Warga Tokyo sudah terbiasa dengan kereta api yang sangat rumit ini berikut adalah tips menggunakan transportasi kereta di jepang
1.DESTINASI
Karena rumitnya jalur kereta di Tokyo kita harus tau terlebihdulu destinasi dan tujuan kita bisa mengeceknya di Hyperdia
screen shot situs Hyperdia.com
  
 di situs tersebut tedapat harga dan waktu tempuh antar statsiun yang di tuju selain itu akan memberikan alternatif selain menggunakan kereta biasa juga ada alternatif kereta bawah tanah selain itu fasilitas hypedia ini juga bisa untuk melihat perjalanan kereta expres Shinkanzen .
2.TIKET
Tiket biasanya dapat di beli di mesin penjualan tiket otomatis di statsiun keberangkatan selain itu juga dapat memeli tiket pasmo dan suica card
mesin penjual tiket otomatis

mesin penjual tiket otomatis
transfer board

mesin suica card

toei subway line sign
 mesin tiket ini hanya untuk melayani kereta listrik JR Tokyo metro dan Toei suway line selain itu perhatikan juga sign atau tanda di tiap masuk statsiun
Namun berbeda dengan kereta expres shinkanzen tiket kereta jarak jauh ini harganya berbeda dengan kereta biasa selain karena melayani jarak jauh fasilitasnyapun berbeda

Tiket shinkanzen dapat di Pesan dan dapat di beli dadakan biasanya tiket kereta expres yang sangat mahal.

3.Kereta 
Kereta api listrik milik JR (yamanote line )

Peron untuk kereta shinkanzen berbeda dengan kereta komuter biasa biasanya lebih tinggi peronnya dan lebih besar

Shinkanzen melintas di pantai Jepang

Ini adalah foto dari sebuah gedung sebelah Tokyo statsion sebelah kiri gambar adalah jalur shinkanzen dan sebelah kirinya adalah jalur kereta listrik Toko statsion pun mempunyai statsiun bawah tanah.

Ini adalah Tokyo monorail yang mengantarkan penumpang ke bandara Haneda

Peron shinkanzen di pasangi pagar agar tidak ada orang yang masuk ke dalam lintasn

ini adalah Peta Subway Tokyo metro

Jalur kereta di tokyo memiliki jalur rel masing-masing tidak bersatu sehingga kereta dapat datang tiap menit dan sangat anyak sekali sepurnya

Priority seat  untuk penyandang cacat ibu hamil dan lansia selain itu suasana di dalam kereta api di jepang sangat sunyi karena mereka sudah biasa mematikan HP atau di silent dan jarang mengobrol banyak  yang baca koran main game dan sebagainya

ini saat rush hour di jalur Yamanote line yang sangat  padat karena yamanote ini jalur kereta yang melintasi kawasan yang sangat  sibuk di tokyo (ikebukuro-shinuya-akihabara etc.)



4.JADWAL 

DI setiap peron keberangkatan pasti ada jadwal seperti waktu keberangkatan , jenis kereta (Nozomi,Kodama,Hikari) serta nama kereta dan nomer/peron atau rel
Patut di perhatikan kalau jadwal di Indonesia oleh PT.KAI sering terjadi keterlambatan berbeda dengan di jepang kereta terlambat paling lama sekitar 10 detik sangat jarang terjadi keterlambatan oleh sebab itu kita dapat mengatur jadwal kegiatan kita jika harus menggunakan kereta api selain itu jadwal dapat di lihat di situs kereta api jepang sangat mudah dan sangat membantu

Banyak kenyamanan yang di tawarkan pengelola transportasi negeri sakura ini Pemerintah Indonesia dan lembaga terkait transportasi harus banyak belajar dari jepang untuk kebaikan semua pihak terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar