Sekarang ane mau cerita tentang Tokyo dengan segala fasilitas keretanya yang sudah terkenal. tokyo menduduki posisi pertama kota dengan statsiun terbanyak di dunia dengan 600 statsiun disusul london inggris dengan sekitar 400 statsiun dan Newyork dengan 300san statsiun . meski begitu warga tokyo sangat bisa menggunakan sistim transportasi masal dengan jalur yang rumit di dunia .
sekarang kita ulas dulu sejarah tokyo ane kutip dari wikipedia.co.id
Tokyo (東京;
Tōkyō,
[2] harafiah: ibu kota timur) adalah
ibu kota Jepang sekaligus daerah terpadat di Jepang, serta daerah
metropolitan terbesar di dunia berdasarkan jumlah penduduknya (33.750.000 di perkotaan dan sekitarnya).
Sekitar 12 juta orang tinggal di Tokyo dan ratusan ribu lainnya
berpulang pergi setiap hari dari daerah sekitarnya untuk bekerja dan
berbisnis di Tokyo. Tokyo adalah pusat politik, ekonomi, budaya dan
akademis di Jepang serta tempat tinggal
kaisar Jepang dan kursi pemerintahan negara, dan sekaligus merupakan pusat bisnis dan finansial utama untuk seluruh
Asia Timur.
Tokyo mempunyai jauh lebih sedikit gedung pencakar langit
dibandingkan dengan kota lain yang seukurannya karena peraturan
konstruksi
gempa buminya.
Bangunan di Tokyo kebanyakan terdiri dari apartemen tingkat rendah (6
hingga 10 lantai) dan rumah keluarga yang sempit. Tokyo juga merupakan
lokasi
sistem transportasi massal paling kompleks di dunia, dan terkenal akan jam-jam sibuknya yang padat.
Tokyo secara harafiah berarti "ibu kota timur" dalam
bahasa Jepang, arti yang berlawanan dengan ibu kota lama di barat,
Kyoto, yang dinamakan "saikyo", berarti "ibu kota barat" untuk jangka waktu yang pendek pada
abad ke-19. Hingga tahun
1870-an, Tokyo bernama "
Edo". Ketika pusat kekaisaran berpindah dari Kyoto ke Edo, namanya pun diganti.
|
Jalur Kereta di Sekitar Tokyo |
|
Tokyo Statsion |
| | | | |
Panorama kota Tokyo |
|
Japan train company |
Transportasi di tokyo sangat beragam kita bahas dengan kereta api seperti di bahas di postingan sebelumnya
Warga Tokyo sudah terbiasa dengan kereta api yang sangat rumit ini berikut adalah tips menggunakan transportasi kereta di jepang
1.DESTINASI
Karena rumitnya jalur kereta di Tokyo kita harus tau terlebihdulu destinasi dan tujuan kita bisa mengeceknya di
Hyperdia
|
screen shot situs Hyperdia.com |
di situs tersebut tedapat harga dan waktu tempuh antar statsiun yang di tuju selain itu akan memberikan alternatif selain menggunakan kereta biasa juga ada alternatif kereta bawah tanah selain itu fasilitas hypedia ini juga bisa untuk melihat perjalanan kereta expres Shinkanzen .
2.TIKET
Tiket biasanya dapat di beli di mesin penjualan tiket otomatis di statsiun keberangkatan selain itu juga dapat memeli tiket pasmo dan suica card
|
mesin penjual tiket otomatis |
|
mesin penjual tiket otomatis |
|
transfer board |
|
mesin suica card |
|
toei subway line sign |
mesin tiket ini hanya untuk melayani kereta listrik JR Tokyo metro dan Toei suway line selain itu perhatikan juga sign atau tanda di tiap masuk statsiun
Namun berbeda dengan kereta expres shinkanzen tiket kereta jarak jauh ini harganya berbeda dengan kereta biasa selain karena melayani jarak jauh fasilitasnyapun berbeda
Tiket shinkanzen dapat di Pesan dan dapat di beli dadakan biasanya tiket kereta expres yang sangat mahal.
3.
Kereta
|
Kereta api listrik milik JR (yamanote line ) |
|
Peron untuk kereta shinkanzen berbeda dengan kereta komuter biasa biasanya lebih tinggi peronnya dan lebih besar |
|
Shinkanzen melintas di pantai Jepang |
|
Ini adalah foto dari sebuah gedung sebelah Tokyo statsion sebelah kiri gambar adalah jalur shinkanzen dan sebelah kirinya adalah jalur kereta listrik Toko statsion pun mempunyai statsiun bawah tanah. |
|
Ini adalah Tokyo monorail yang mengantarkan penumpang ke bandara Haneda |
|
Peron shinkanzen di pasangi pagar agar tidak ada orang yang masuk ke dalam lintasn |
|
ini adalah Peta Subway Tokyo metro |
|
Jalur kereta di tokyo memiliki jalur rel masing-masing tidak bersatu sehingga kereta dapat datang tiap menit dan sangat anyak sekali sepurnya |
|
Priority seat untuk penyandang cacat ibu hamil dan lansia selain itu suasana di dalam kereta api di jepang sangat sunyi karena mereka sudah biasa mematikan HP atau di silent dan jarang mengobrol banyak yang baca koran main game dan sebagainya |
|
ini saat rush hour di jalur Yamanote line yang sangat padat karena yamanote ini jalur kereta yang melintasi kawasan yang sangat sibuk di tokyo (ikebukuro-shinuya-akihabara etc.)
|
4.
JADWAL
|
DI setiap peron keberangkatan pasti ada jadwal seperti waktu keberangkatan , jenis kereta (Nozomi,Kodama,Hikari) serta nama kereta dan nomer/peron atau rel |
Patut di perhatikan kalau jadwal di Indonesia oleh PT.KAI sering terjadi keterlambatan berbeda dengan di jepang kereta terlambat paling lama sekitar 10 detik sangat jarang terjadi keterlambatan oleh sebab itu kita dapat mengatur jadwal kegiatan kita jika harus menggunakan kereta api selain itu jadwal dapat di lihat di situs kereta api jepang sangat mudah dan sangat membantu
Banyak kenyamanan yang di tawarkan pengelola transportasi negeri sakura ini Pemerintah Indonesia dan lembaga terkait transportasi harus banyak belajar dari jepang untuk kebaikan semua pihak terimakasih :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar