langsung saja ke shinkanzen Sejarah Shinkansen
Shinkansen (新幹線, juga sering dipanggil kereta peluru) berasal dari kata “shin” berarti baru dan “kansen” yang berarti rel kereta. Jadi, shinkansen adalah jalur kereta api cepatJepang yang dioperasikan oleh empat perusahaan dalam grup Japan Railways.Shinkansen merupakan sarana utama untuk angkutan antar kota di Jepang, selain pesawat terbang. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 300 km/jam.
Nama Shinkansen sering digunakan oleh orang-orang di luar Jepang untuk merujuk kepada kereta apinya, namun kata ini dalam bahasa Jepang sebenarnya merujuk kepada nama jalur kereta api tersebut.
Shinkansen dibuka pada 1 Oktober1964 untuk menyambut Olimpiade Tokyo. Jalur ini langsung sukses, melayani 100 juta penumpang kurang dari 3 tahun sejak dibuka pada tanggal 13 Juli1967, dan melayani satu milyar penumpang pada 1976.
Pada mulanya Shinkanshen dari Tokyo ke Shin-Osaka (515,4km) memakan waktu kira-kira 4 jam. Pada 1992, Shinkanshen model baru 'Nazomi' yang dapat menghasilkan kecepatan 270 km/j telah menghasilkan perjalanan yang singkat. Rancangan penggunaan landasan kereta api linear motor car pada abad ke-21 yang akan datang ini diharapkan akan menambah kecepatan Shinkanshen.
Jalur utama adalah:
- Tokaido Shinkansen (Tokyo-Shin-Osaka)
- Sanyo Shinkansen (Shin-Osaka-Hakata)
- Tohoku Shinkansen (Tokyo-Shin-Aomori)
- Joetsu Shinkansen (Omiya-Niigata)
- Hokuriku Shinkansen atau Nagano Shinkansen (Takasaki-Nagano)
- Kyushu Shinkansen (Hakata-Kagoshima-Chuo)
Ada dua sepur standar (standard gauge) yang secara teknis tidak diklasifikasikan sebagai jalur Shinkansen namun dengan pelayanan Shinkansen:
- Jalur Hakata Minami (Hakata-Hakata-Minami)
- Jalur Gala-Yuzawa - secara teknis merupakan cabang dari Jalur Joetsu - (Echigo-Yuzawa-Gala-Yuzawa)
- perpanjangan Hokuriku Shinkansen (dalam konstruksi, Nagano-Kanazawa) (dalam pengembangan, Kanazawa-Osaka)
- perpanjangan Kyushu Shinkansen (dalam konstruksi, Takeo-Onsen-Isahaya) (dalam pengembangan, Isahaya-Nagasaki)
- Hokkaido Shinkansen (dalam konstruksi, Shin-Aomori-Shin-Hakodate) (dalam pengembangan, Shin-Hakodate-Sapporo
- Chuo Shinkansen (maglev, dalam pengembangan, Tokyo-Osaka)
Teknologi Shinkansen di luar Jepang
- Taiwan High Speed Rail (jalur kereta yang menggunakan teknologi Shinkansen di Republik Cina, dibuka pada tahun 2007
- SUMBER WIKIPEDIA ID
Deretan kereta shinkanzen di depo Shinkanzen |
kanopi untuk mencegah sonic boom |
namun pemerintah jepang di bawah wewenang Japan Railway telah berusaha melanyani rakyat jepang dengan maksimal dapat di buktikan dengan banyaknya warga jepang yang lebih tertarik menggunakan kereta di banding dengan pesawat terbang karena mudah dan efisien
Kapan yah bisa naik shinkanzen semoga saja suatu saat nanti dapat menginjakan kaki di sana .
sayonara :) ^^./~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar