Minggu, 01 Juli 2012

Shinkanzen ( kereta peluru ) Dari Negeri sakura

Hi sekrang ane mau menjelaskan tentang shinkanzen nih kereta peluru dari jepang yang sangat terkenal sekali ... konon katanya mau di terapkan nih di Indonesia kalo gak salah rute Jakarta - Bandung wah wah wah tapi yah itu sekedar rencana saja tidak tau realisasinya kapan huhuhu :'(  padahal kita memiliki hubungan yang baik dengan negara mata hari terbit ini semoga saja terwujud

langsung saja ke shinkanzen  Sejarah Shinkansen
Shinkansen (新幹線, juga sering dipanggil kereta peluru) berasal dari kata “shin” berarti baru dan “kansen” yang berarti rel kereta. Jadi, shinkansen adalah jalur kereta api cepatJepang yang dioperasikan oleh empat perusahaan dalam grup Japan Railways.Shinkansen merupakan sarana utama untuk angkutan antar kota di Jepang, selain pesawat terbang. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 300 km/jam.
Nama Shinkansen sering digunakan oleh orang-orang di luar Jepang untuk merujuk kepada kereta apinya, namun kata ini dalam bahasa Jepang sebenarnya merujuk kepada nama jalur kereta api tersebut.
Shinkansen dibuka pada 1 Oktober1964 untuk menyambut Olimpiade Tokyo. Jalur ini langsung sukses, melayani 100 juta penumpang kurang dari 3 tahun sejak dibuka pada tanggal 13 Juli1967, dan melayani satu milyar penumpang pada 1976.
Pada mulanya Shinkanshen dari Tokyo ke Shin-Osaka (515,4km) memakan waktu kira-kira 4 jam. Pada 1992, Shinkanshen model baru 'Nazomi' yang dapat menghasilkan kecepatan 270 km/j telah menghasilkan perjalanan yang singkat. Rancangan penggunaan landasan kereta api linear motor car pada abad ke-21 yang akan datang ini diharapkan akan menambah kecepatan Shinkanshen.


Jalur utama adalah:
Dua jalur lebih jauh, dikenal sebagai Mini-Shinkansen (ミニ新幹線), juga beroperasi dengan meningkatkan jalur yang telah ada:
Ada dua sepur standar (standard gauge) yang secara teknis tidak diklasifikasikan sebagai jalur Shinkansen namun dengan pelayanan Shinkansen:
Jalur berikut masih dalam pengembangan:
Kebanyakan jalur Shinkansen yang diusulkan pada saat masa-masa keemasan pada awal tahun 1970-an telah ditunda hingga waktu yang tidak diketahui pasti. Ini termasuk hubungan ke Shikoku oleh proyek jembatan Honshu-Shikoku, sebuah hubungan dari Shinjuku ke Omiya, dan rute yang mencakup seluruh pesisir Laut Jepang Honshu. Namun, hanya jalur Shinkansen Narita yang disingkirkan dari rencana secara resmi.

Teknologi Shinkansen di luar Jepang

Perlu di underline di bold nih gan "Pada 2003, JR Central melaporkan jadwal waktu rata-rata Shinkansen tepat dalam 0,1 menit atau 6 detik dari waktu yang telah dijadwalkan. Ini termasuk seluruh kesalahan alami dan manusia dan dihitung dari seluruh 160.000 perjalanan yang dijalani oleh Shinkansen. Rekor sebelumnya dari 1997 dan tercatat 0,3 menit atau 18 detik." waahhh sugooiiiii :D

Deretan kereta shinkanzen di depo Shinkanzen

kanopi untuk mencegah sonic boom
namun Banyak hambatan yang di alami sebenarnya jepang masih bisa mengembangkan kecepatan ni shinkanzen tapi masalah dalam pengereman,sonic boom (suara yang di hasilkan ketika kereta memasuki tunnel yang dapat membuat kaca pecah dan gangguan suara ) serta stabilitas kereta yang masih harus di perbaiki selain itu  masalah keamanan pada saat gempa karena shinkanzen berada di jepang yang 1000 gempa setiap tahunya . namuan di lihat dari video pemaparan kereta TVG di perancis penanganan untuk sonic boom sudah dapat terpecahkandengan membangun kanopi berlubang di ujung terowongan yang akan di lalui sehingga energi suara yang di hasilkan akan keluar dari atas kanopi tidak di luang keluarnya.
namun pemerintah jepang di bawah wewenang Japan Railway telah berusaha melanyani rakyat jepang dengan maksimal dapat di buktikan dengan banyaknya warga jepang yang lebih tertarik menggunakan kereta di banding dengan pesawat terbang karena mudah dan efisien

Kapan yah bisa naik shinkanzen semoga saja suatu saat nanti dapat menginjakan kaki di sana .

sayonara :) ^^./~ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar